Jumat, 19 September 2014

Dolanan Bocah - Terbang

terbang adalah sejenis alat musik yang biasa digunakan dalam pentas musik islami. namun terbang yang ini adalah lain daripada yang lain. ini terbang untuk mainan anak-anak. membrannya menggunakan kertas semen bukan kulit binatang, tempat melekatkannya bukan dari kayu tapi menggunakan tembikar yang dibuat dari tanah liat dengan bentuk yang khusus.
mobil - manuk - iwak
tertera harga lima ratus rupiah untuk sebuah terbang. dengan gambar yang sangat asal-asalan dengan menggunakan pewarna teres untuk menghiasi kertas semen polos. masih ada gambar manuk lagi kan?
pemukulnya pun sangat sederhana, sayang tidak terfoto. biasanya menggunakan lidi dengan salah satu ujungnya diberi tanah liat bulat dan dibiarkan hingga kering. ujung yang ada tanah liatnya lantas dipukulkan ke bagian membran atau kertas.
membran yang kencang akan menghasilkan suara yang nyaring. sedang membran yang kendor hanya menghasilkan suara : bleg - bleg - bleg. untuk mengembalikan agar suara kembali nyaring dan kencang perlu perlakuan khusus, yakni mendekatkan membran kepada api atau dijemur dibawah terik matahari. maka terbang bisa dimainkan ulang.
teringat saat beli terbang ini kepada seorang lelaki tengah baya yang sedang mengendarai sepedanya dengan kronjot yang berisi penuh dengan mainan anak-anak. kala itu sedang melintas di jalan raya bantul-jogja. tanpa pikir panjang langsung beli saja dan tersimpan hingga sekarang. entah kapan bertemu lagi.... pasti kuborong semuanya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar